Jumat, 06 September 2013

korek harian astrea prima

Puji syukur kehadirat allah SWT,  orderan pertama datang dari bos A. Seorang karyawan sebuah perusahaan alat berat  terkemuka di berau berinisial H. (tempat saya kerja dulu... :D)
Setelah motor astrea primanya disulap menjadi  astrea grand dengan warna orange candytone yang  terlihat manis, tapi mengusung kosep street racing. Untuk menunjang konsep racing performa mesin harus ditingkatkan (biar agak galak dikit... :D)


Untuk mendongkrak performa secara praktis akhirnya di putuskan untuk bore up. Pilihan piston pun jatuh pada piston kawasaki kaze R yang punya diameter 53mm. Karna diameter pin piston sama dengan astrea prima yaitu 13mm. Selain itu piston kaze juga punya sedikit dome dibandingkan punya prima yang datar. So kompresi pun jadi makin padat. Karna aplikasinya untuk harian (motor masih di pake ngantor) maka liner harus diganti biar ketebalannya cukup aman. Karna kalau pake standarnya sisanya tipis banget kalau di isi piston kaze.

Setelah piston standar yang berdiameter 50mm di lengserkan dan di isi dengan piston kaze, displacement naik dari 97,1cc menjadi 109,1cc dan dengan perhitungan sederhana (maklum mekanik abal2 jadi gak tau rumus yang baku)  sekarang rasio kompresi kurang lebih menjadi  9,8 : 1. Berarti mimik premium masih aman... :D

Untuk catatan  bagian dome piston sekitar  2mm dari tepi perlu di bubut dikit 0,5mm aja biar gak mentok ama head dan juga biar deck clearance nya sesuai sama anjuran para mekanik handal. Kita ini kan mekanik abal abal yang taunya cuma bongkar pasang aja... :D  
Setelah cylinder block dan piston beres, sekarang giliran cylinder head. Diameter klep dirasa masih cukup untuk daily use. Biar performa makin mantap, noken di colek sedikit. Durasi di lebarin sedikit tanpa merubah LSA. Lift klep cukup di bikin 6,2 karna klep dan masih standar.  Kemudian porting in cukup dibikin 19,5mm sedangkan porting ex cukup dihalusin aja.

Untuk piranti pengabut bahan bakar si bos pengen tampilan racing nya kelihatan jadi di pilih karbu yang agak gedean dan pilihan jatuh pada karbu RX100 dengan diameter venturi 24mm. Main jet turun 2 step dan pilot jet turun 1 step. Ketemu deh warna busi merah bata. Tarikan dari bawah sampe atas lumayan ngisi. Sayang gak sekalian di kopling tangan :D

Setelah di tes si bos pun tersenyum bahagia, dan kamipun tersenyum lemas, loh... :D gak papa yang penting pelanggan puas kamipun ikut senang. Karna itulah tujuan kami.

Dan pada akhirnya,
Tetap sehat tetap semangat biar bisa modif tiap hari, katanya mas Swega “R.A.T” yang selalu menginspirasi saya...


Speed Art Motorsport
Jl Borneo indah, Kedaung
Berau – Kaltim
081213194020

PIN 2A9F130E 

4 komentar:

  1. Lubang Crankcasenya gak usah di bubut kah ??

    BalasHapus
  2. om kalau pake piston jupiter pake klep apa ya?

    BalasHapus
  3. Klo pakingnya pake pa mas paking headnya

    BalasHapus
  4. The King Casino Resort - Hertzaman
    Find deccasino the perfect place to poormansguidetocasinogambling stay, herzamanindir.com/ play, and unwind at worrione.com Harrah's Resort Southern septcasino California. Get your points now!

    BalasHapus